Hindari Jerawat Dengan Cara Sehat

Sumber Foto: Google. Pasti suka kesal kalau tiba-tiba ada jerawat muncul di wajah kita. Apalagi jika ia tumbuh disaat yang tidak t...

Sumber Foto: Google.


Pasti suka kesal kalau tiba-tiba ada jerawat muncul di wajah kita. Apalagi jika ia tumbuh disaat yang tidak tepat, seperti saat akan menghadiri sebuah acara atau saat akan berkumpul dengan teman-teman lama.

Seperti yang teman-teman ketahui, jerawat muncul karena terlalu banyak kotoran yang masuk ke dalam pori-pori wajah. Namun ada juga beberapa faktor yang menyebabkan jerawat tetap tumbuh meski wajah sudah dibersihkan dengan berbagai jenis pembersih wajah.

Kali ini aku akan memberitahu tips yang selalu aku terapkan ke diri aku sendiri, yaitu bagaimana cara menghindari jerawat dengan cara sehat.

1. RAJIN KONSUMSI AIR PUTIH
Kalau bicara tentang air putih, banyak sekali manfaatnya. Tapi aku selalu mengkonsumsi air putih secara rutin agar kulit tetap sehat, khususnya kulit wajah.
Saat bangun tidur biasakan minum delapan gelas air putih, kalau tidak terbiasa lebih baik teman-teman mencoba dengan meminum dua sampai empat gelas air putih dulu. Saat sedang beraktifitas usahakan tenggorokan tidak pernah merasa kekeringan, jadi rutin minum air putih terserah berapa liter saat sedang beraktifitas. Saat hendak tidur aku biasanya minum lima sampai tujuh gelas air putih, tapi kalau teman-teman tidak terbiasa, usahakan minum tiga gelas  dahulu.

2. RAJIN KONSUMSI SAYURAN
Nah, bicara soal sayuran. Tidak semua orang benar-benar menyukai sayuran. Aku termasuk orang yang suka semua jenis sayuran, jadi nggak pernah milih-milih kalau makan sayuran.
Sayuran hijau akan membantu menyehatkan kulit teman-teman semua, dengan cara rutin makan sayuran hijau setiap hari. Kalau aku ada beberapa jenis sayuran yang kalau mau makan hanya direbus saja, atau ada yang hanya menjadi lalapan. Tergantung jenis sayurannya. Apapun yang kita konsumsi dari dalam akan menghasilkan dari luar. Percayalah, kulit teman-teman semua akan terasa sehat.

3. RAJIN KONSUMSI TOMAT
Tomat adalah jenis buah yang terkenal dengan kaya manfaatnya. Tomat juga berkhasiat untuk menyehatkan kulit. Jika teman-teman ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan bersih, cobalah rutin mengkonsumsi tomat. Biasanya aku memakan buah tomat begitu saja atau terkadang aku buat jus, tergantung selera. Usahakan satu hari teman-teman mengkonsumsi satu hingga tiga buah tomat.

4. CUCI WAJAH SAAT HENDAK TIDUR
Nah, setelah beraktifitas seharian penuh, biasanya akan terasa capek jika sudah berada di rumah. Apalagi jika sudah berada di tempat tidur, maka rasa malas akan bertambah hingga 98%. Tapi, usahakan sebelum tidur teman-teman mencuci wajah dulu dengan sabun pembersih wajah, agar kotoran yang melekat di wajah kita hilang.
Hal ini yang biasa aku lakukan jika hendak tidur. Jadi, kalau biasanya aku pakai make-up atau bedak saat beraktifitas, dan jika pulang ke rumah aku tidak langsung mencuci wajah. Aku akan mencuci wajah dengan pembersih ketika hendak tidur.

5. GUNAKAN MASKER
Masker itu adalah salah satu rutinitas wajib yang harus aku lakukan. Tapi tidak setiap hari aku menggunakan masker. Dalam satu minggu aku biasanya hanya menggunakan tiga kali saja, jadi selama satu bulan aku memakai masker dua belas kali.
Untuk masker, aku jarang sekali memakai masker yang biasa aku beli di toko-toko, hanya ada satu masker yang aku beli, yaitu masker 'Naturgo'.
Selebihnya, semua masker yang aku gunakan untuk merawat wajahku adalah masker yang aku racik sendiri dan aku pakai sendiri. Jadi masker-masker yang aku pakai rata-rata berbahan dasar alami.
Tapi, aku tidak melarang teman-teman untuk membeli masker di toko. Gunakan saja masker dengan rutin untuk merawat kulit wajah. Lalu yang terakhir.

6. PAKAI JENIS BEDAK YANG COCOK
Bedak adalah salah satu benda wajib bagi perempuan. Dengan memakai bedak, biasanya rasa percaya diri perempuan akan bertambah menjadi 99%. Tapi tidak semua jenis bedak cocok dengan kulit wajah kita. Jadi sebelum teman-teman membeli bedak, usahakan teman-teman sudah tahu jenis kulit wajahnya, agar tidak timbul jerawat karena tidak cocok. Kemudian, teman-teman juga harus tahu warna kulit wajah teman-teman, agar bedak yang digunakan cocok dan tidak berlawanan dengan warna kulit wajah.

Oke, itu saja tips dari aku. Cara menghindari jerawat dengan sehat yang selalu aku terapkan ke diri aku sendiri. Semoga teman-teman semua juga bisa menerapkannya, dan wajah kita semua terhindari dari jerawat.

Fighting!

You Might Also Like

1 komentar

  1. Setuju. Saya juga pakai tomat untuk membersihkan jerawat. Bahkan bekas jerawat pun bisa pudar

    BalasHapus