5 Jenis Makanan Sehat dan Baik Untuk Berbuka Puasa

Saat menjalani puasa dari pagi hingga sore hari, tentunya teman-teman akan menunggu waktu berbuka puasa. Seperti yang kita tahu, Puas...



Saat menjalani puasa dari pagi hingga sore hari, tentunya teman-teman akan menunggu waktu berbuka puasa. Seperti yang kita tahu, Puasa merupakan bentuk ibadah kepada Allah SWT dengan cara menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa, baik jasmani mapun rohani kita.
Dengan aktivitas yang biasa kita lakukan di luar puasa, biasanya akan menjadi berbeda saat aktivitas tersebut kita lakukan saat puasa. Kita akan menjadi mudah capek karena asupan makanan berkurang di siang hari.
Saat menjalani puasa, kita harus menjaga kesehatan, cara menjaganya dengan cara memperhatikan setiap bentuk makanan yang akan kita konsumsi saat sahur maupun saat berbuka puasa. Nah, kebanyakan orang-orang selalu cenderung makan banyak atau berlebihan saat akan berbuka puasa, sebab nafsu makan menjadi bertambah ketika akan memasuki waktu buka puasa. Biasanya, semua makanan yang lezat dan mengundang selera akan dihidangkan.
Kita sangat perlu memperhatikan komposisi makanan yang sesuai, sehingga apa yang kita konsumsi mempunyai nilai gizi yang baik serta tidak memberikan dampak negatif bagi kesehatan.
Inilah lima jenis makanan yang sehat dan baik untuk kita konsumsi saat berbuka puasa :


1.     Kurma


Buah Kurma merupakan menu wajib saat kita akan berbuka puasa. Sebaiknya kita tidak mengkonsumsi makanan yang berat. Usahakanlah mengkonsumsi makanan yang manis dan ringat, salah satunya ialah Buah Kurma. Banyak sekali manfaat untuk tubuh di dalam Buah Kurma, karena mengandung banyak glukosa, fruktosa dan sukrosa dengan kandungan kalorinya yang rendah. Karena mengandung gula yang alami tersebut, Buah Kurma dapat mengembalikan energy yang hilang selama kita menjalani puasa.


2.     Air Putih


Ketika kita sedang berpuasa, tubuh mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan tubuh menjadi lelah, kepala menjadi sakit serta sulit untuk berkonsentrasi. Oleh sebab itu, kita sangat dianjurkan untuk langsung minum air putih dahulu ketika hendak berbuka puasa, agar cairan di dalam tubuh yang hilang karena dehidrasi kembali menjadi normal.


3.     Madu

Seperti yang kita tahu, madu mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh jika kita mengkonsumsinya. Di dalam Madu mengandung antioksidan, vitamin, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, mangan dan sulfur. Madu dapat mengatasi gangguan pencernaan serta dapat melancarkan metabolisme. Kandungan glukosa dan frukosa nya sangat mudah diserap tubuh sehingga dapat mengembalikan stamina dan energi yang hilang.


4.     Buah-buahan

Banyak mengkonsumsi buah-buahan saat berbuka puasa juga sangat di anjurkan, sebab buah mudah dicerna oleh usus kita. Saat berbuka puasa, pilihlah buah yang banyak mengandung air, seperti Semangka, Anggur dan lain-lain untuk mengatasi dehidrasi. Usahakanlah mengkonsumsi buah yang kaya akan serat, seperti Pisang, Pepaya, karena buah tersebut sangat mudah dicerna dan dapat mengembalikan energi yang hilang saat menjalani puasa.


5.     Sayur-sayuran


Yang terakhir ialah sayur-sayuran, karena sangat cocok dimakan ketika berbuka puasa. Saat menjalani puasa, lambung beristirahat sehingga ukuran lambung mengecil dan enzim pencernaan dalam tubuh berkurang, itulah sebabnya perlu makanan yang mudah dicera agar lambung tidak sakit dan tidak bekerja terlalu keras. Sayuran yang bagus ialah sayuran hijau, karena mengandung banyak nutrisi seperti serat, protein, mineral, zat besi dan vitamin tentunya.


Demikianlah lima jenis makanan yang sehat dan sangat baik untuk di konsumsi saat berbuka puasa. Semoga puasa di bulan Ramadhan tahun ini kita menjadi lebih baik dan ibadah kita juga semakin baik. Semoga kita berjumpa dengan Ramadhan tahun berikutnya.
 


You Might Also Like

2 komentar

  1. mantap tp banyak dilupakan ya, seringnya makan gorengan

    BalasHapus
  2. Hehehe... iya mba, sering lupa kalau sudah lihat gorengan..

    BalasHapus