Menu Sahur Agar Tidak Lemas Berpuasa

Sahur merupakan waktu makan yang sangat penting bagi orang yang akan berpuasa di Bulan Ramadhan. Kita harus sahur agar tidak merasak...



Sahur merupakan waktu makan yang sangat penting bagi orang yang akan berpuasa di Bulan Ramadhan. Kita harus sahur agar tidak merasakan lemas di siang hari. Saat sahur, usahakanlah memilih menu makanan yang sehat dan banyak mengandung nutrisi yang lengkap, agar badan tetap kuat saat siang hari.

Ketika menjalankan aktifitas seharian, kita akan merasakan lemas. Lemas dan lapar di siang hari terjadi karena kadar gula di dalam tubuh mulai menurun, sebab tenaga sudah dipakai untuk terus beraktifitas tanpa mengkonsumsi apa-apa, karena sedang berpuasa. Untuk menghindari lemas dan lapar di siang hari, pilihlah menu sahur yang tepat agar gula darah tetap stabil seharian.

Menu sahur tersebut ialah :

1.     Yang Mengandung Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat kompleks mengandung tinggi serat supaya penyerapan ke dalam tubuh pelan-pelan, gula darah naiknya pelan-pelan dan akan dimasukkan ke sel tubuh secara pelan-pelan. Oleh sebab itu, saat akan menjelang buka puasa gula darahnya masih tinggi sehingga tidak merasa lemas di siang hari.
Contoh Karbohidrat kompleks adalah nasi merah, nasi hitam, dan kentang yang direbus dengan kulitnya.




2.       Minum Air Putih
Usahakanlah untuk meminum air putih sebanyak tiga hingga empat gelas, jangan ditambah dengan minum yang manis-manis, seperti sirup dan lain-lain.


 




Selain itu, kita juga harus mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, yang dapat kita peroleh dari Ikan, Daging Ayam dan Putih Telur. Kemudian jangan lupa untuk mengkonsumsi Sayur dan Buah yang mengandung serat tinggi.



Ketika akan menjelang Imsak, setelah tadi meminum air putih tiga sampai empat gelas, usahakanlah mengkonsumsi karbohidrat yang berasal dari jus. Saat kita membuat jusnya, kulit buah tersebut harus ikut diblender supaya penyerapannya perlahan dan tidak mencampurkan gula ke dalam jus tersebut.
 




Begitu beberapa menu makanan sahur yang dapat membuat tubuh kita tetap sehat, kuat, dan tidak lemas di siang hari saat sedang menjalankan ibadah puasa. Karena makanan-makanan tersebut bisa bertahan lama di dalam lambung kita. Semoga puasa di bulan Ramadhan tahun ini kita menjadi lebih baik dan ibadah kita juga semakin baik. Semoga kita berjumpa dengan Ramadhan tahun berikutnya.


You Might Also Like

0 komentar